Simpan Cerita Duniamu

Blog campuran buat pengalaman wara wiri menyusuri internet dari mulai IT, Olahraga, Gosip Hingga Pengalaman Sehari - Hari yang akan menjadi Sejarah Di Masa Yang Akan Datang

Cara Mudah Install Ayat Aplikasi Al-Quran Di Linux Ubuntu

SimpanDunia.blogspot.com

Untuk aplikasi Al-Quran yang terinstall di laptop saya lebih prefer menggunakan Ayat, Aplikasi Quran lengkap yang resmi di release oleh King Saud University (KSU). Aplikasi ini bisa diakses online ataupun secara offline dengan diinstall di laptop, android ataupun ios. Menariknya untuk versi PC bisa digunakan multi platform baik Windows, Linux, ataupun Mac. Dengan popularitas telah terinstall lebih dari satu juta PC di seluruh dunia tentu tidak diragukan lagi aplikasi ini apalagi ketakutan dari aplikasi quran palsu seperti yang dihebohkan belakangan ini.


Untuk akses secara online atau mencoba tampilan ayat sebelum diinstall bisa akses di http://quran.ksu.edu.sa/index.php?l=en. Sedangkan apabila akan mendownload aplikasinya bisa akses http://quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=en kemudian tinggal pilih versi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
simpandunia.blogspot.com

Kelebihan Aplikasi Ayat ini adalah :
  1. Tersedia versi online yang sama dengan versi offlinenya.
  2. Mendukung berbagai platform yaitu Windows, Linux, Mac, Android, Ios.
  3. Tampilan Aplikasi mendukung banyak bahasa termasuk Bahasa Indonesia tentunya.
  4. Tampilan Al-Quran bisa dipilih antara yang standar, Tajwid dimana setiap tajwid ditampilkan dengan warna tertentu dan Tampilan Warsh.
  5. Mendukung terjemahan dengan Bahasa Indonesia berikut Tafsir dari Jalalayn.
  6. Memiliki Audio untuk Reciter yang sangat lengkap dari beberapa Imam besar di Saudi Arabia yang bisa di download dari situsnya. (Saya tetap memilih versi dari Sheikh Saad Al-Gamdi). 

Untuk versi windows seperti gambar di atas tinggal klik Download Ayat, kemudian tinggal jalankan file installer seperti biasa.

Sedangkan untuk versi linux setelah Download Ayat versi linux ada sedikit langkah yang harus dilakukan agar bisa berjalan sempurna. Oke, untuk kali ini kita bahas cara installasi Ayat di Linux khususnya Ubuntu.

Di dalam File download ayat yang berbentuk .zip untuk linux sudah tersedia file instalasi Adobe Air dalam beberapa versi yaitu .bin, .deb 32bit dan 64bit serta .rpm tinggal sesuaikan dengan Distro Linux yang digunakan.

Sebelumnya sesuaikan path library yang dibutuhkan untuk Adobe Air ini agar instalasi berjalan mulus tanpa error, buat symlink  untuk gnome keyring melalui terminal :
sudo ln -s /usr/lib/i386-linux-gnu/libgnome-keyring.so.0 /usr/lib/libgnome-keyring.so.0
 sudo ln -s /usr/lib/i386-linux-gnu/libgnome-keyring.so.0.2.0 /usr/lib/libgnome-keyring.so.0.2.0
Untuk Ubuntu atau Linux berbasis Debian lainnya tinggal klik 2x file Adobe Air 32bit.deb untuk sistem 32bit atau file Adobe Air 64bit.deb untuk sistem 64bit.

Apabila memilih instalasi dari file Binary silahkan masuk ke terminal kemudian ketikkan perintah berikut :
sudo chmod +x adobe-air.bin
sudo ./adobe-air.bin
Ikuti perintahnya seperti biasa (tinggal next... next...)
Kemudian setelah selesai klik file yang berakhiran .ayt
dan kemudian akan diteruskan dengan instalasi Ayat, pilih bahasa yang diinginkan dan ikuti sesuai perintah hingga Finish.
simpandunia.blogspot.com

simpandunia.blogspot.com


Untuk file audio untuk Reciter dan file pendukung lainnya semua berekestensi .ayt yang di download dari situsnya untuk penambahan ke aplikasi ayat ini sangat mudah, klik 2x file .ayt tersebut maka akan sendirinya ditambahkan ke dalam aplikasi. Misalkan saya akan menambahkan Audio dari Sheikh Saad Al-Gamdi lengkap 30 juz seperti di bawah :
simpandunia.blogspot.com

Cukup klik satu persatu fie tersebut dan akan secara langsung ditambahkan ke dalam aplikasi yang kemudian tinggal pilih di bagian Qori dan arahkan ke Saad Al-Gamdi.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Cara Mudah Install Ayat Aplikasi Al-Quran Di Linux Ubuntu"

سبحان الله والحمد لله